Rabu, 21 Desember 2016

Pengetahuan Menjadi IT Staff



Menjadi seorang IT staff


Seorang IT support adalah yang memberikan dukungan atau support kepada siapapun dimanapun dalam diperusahaan atau ditempat kerja. Memberika dukungan terhadap segala hal yang berkaitan dengan teknologi infomasi.

Didalam prakteknya, tugas dan tanggung jawab seorang IT support adalah sebagai berikut:

  1. Menginstall system operasi windows atau linux pada sebuah PC / komputer
  2. Menginstall program atau aplikasi pada PC/komputer yang sudah terinstal system operasi.
  3. Membuat komputer di lingkungan kantor / perusahaan saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain.
  4. Membuat komputer di lingkungan kantor / perusahaan terkoneksi dengan internet.
  5. Membuat komputer di lingkungan kantor / perusahaan bisa berbagi sumber daya, seperti file, printer, drive.
  6. Menginstall dan mengkonfigurasikan anti virus, untuk menjaga keamanan data dari virus
  7. Memasang dan juga memastikan bahwa system pengamanan bisa melindungi PC / komputer dan juga kerahasian data file yang ada dari serangan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.
  8. Memperbaiki berbagai masalah IT yang terjadi di keseluruhan system.

    Beberapa tugas tambahan seorang IT seperti memasang jaringan CCTV, berkordinasi dengan pihak-pihak lain untuk mendukung system IT seperti petugas listrik, melakukan backup dan restore data system.

Seorang staff IT juga harus mempunyai banyak pengetahuan dan keahlian, akan tetapi tidak semua keahlian diperlukan setiap harinya.

Ada keahlian yang diperlukan sesekali saja, namun kita tetap harus mengingat dan juga mengasah keahlian tersebut secara terus menerus. Jika tidak kita asah maka akan hilang dan lupa  maka kita akan kesulitan dalam mengatasi masalah yang sama bila terjadi lagi.

Berikut ini beberapa pengetahuan dan juga keahlian yang mesti kita kuasai sebagai seorang IT support:

  1. Pengetahuan, dan juga keahlian tentang Operating system.
  2. Pengetahuan, dan juga keahlian tentang hardware komputer.
  3. Pengetahuan, dan juga keahlian tentang prinsip dan juga cara bekerja sebuah program aplikasi
  4. Pengetahuan, dan juga keahlian tentang jaringan / networking
  5. Pengetahuan, dan juga keahlian tentang prinsip infrastruktur system seperti Domain / Active
  6. Directory Windows System

Meski pengetahuan dan juga keahlian di atas merupakan hal yang wajib mesti dikuasai seorang IT, namun bagi seorang yang baru di dunia IT tidak perlu kuatir, kita juga bisa belajar sambil praktek. semoga pembahasaan "Pengetahuan Menjadi IT staff " bisa menjadi motivasi kita untuk terus konsisten di bidang IT Support (IT Staff). Demikianlah sedikit informasi yang dapat di berikan sebagai referensi kita dan juga pengetahuan tambahan menjadi seorang IT Support (IT Staff)

Sumber Informasi: LSP Telematika